10 Jenis Hiu Unik di Dunia

1. Hammerhead Shark (Hiu Martil)
Hammerhead SharkMemiliki panjang antara 2 hingga 6 meter, dan semua spesies memiliki kepala menyerupai martil gepeng. Mata dan lubang hidup ada di ujung kepala. Mereka ditemukan di perairan hangat sepanjang garis pantai dan paparan benua. Kepala yang berbentuk seperti martil ini juga memberikan keuntungan berupa area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi menemukan partikel di air sedikitnya 10 kali dibandingkan dengan hiu 'klasik' lainnya.

2. Goblin Shark
Goblin Shark (Mitsukurina owstoni)Goblin Shark (Mitsukurina owstoni) pertama ditemukan di perairan jepang dan termasuk jenis hewan purba yang masih bisa bertahan hidup hingga saat ini. Jenis ini memiliki panjang hingga 3,3 meter serta bentuk yang unik dengan moncong pipih dan panjang. Spesimen sepanjang 4 meter pernah tertangkap diperairan tasmania tahun 2004 lalu. Biasanya hidup di kedalaman 250 meter. Spesimen terdalam yang pernah tertangkap ditemukan pada kedalaman 1.300 m.

3. Thresher Shark
Thresher Shark
Thresher sharks masuk dalam famili Alopiidae. Ditemukan di semua samudra beriklim sedang dan tropis dunia, terdiri dari tiga spesies, semua dalam genus Alopias. Common thresher (Alopias vulpinus), dapat mencapai panjang 6,1 meter (20 kaki) dan berat lebih dari 500 kilogram (1.100 lb). The Bigeye thresher (Alopias superciliosus) dapat mencapai panjang 4,9 m (16 kaki); Pelagic thresher (Alopias pelagicus) adalah yang terkecil, hanya 3 m (10 kaki). Selain itu, mulai dari gigi sampai ekor merupakan senjata untuk melumpuhkan mangsanya. Sayangnya, Hiu jenis ini telah mengalami penurunan populasi yang signifikan karena adanya penangkapan yang berlebihan.

4. Frilled Shark

Frilled Shark (Chlamydoselachus anguineus) adalah salah satu dari dua spesies ikan hiu dalam keluarga Chlamydoselachidae yang masih ada, dengan distribusi yang luas namun tidak merata di Atlantik dan Samudra Pasifik. Jarang terlihat di permukaan, jenis ini terkenal karena pertumbuhan gigi mereka yang aneh. Pada 21 januari 2007, frilled shark sepanjang 1.6 m (5.2 ft) pernah ditemukan oleh nelayan Jepang dalam keadaan hidup tapi sangat lemah. Ikan itu segera dibawa ke  Awashima Marine Park di Shizuoka, tapi mati setelah beberapa jam disana.

5. Spined Pygmy Shark

Spined pygmy shark (Squaliolus laticaudus) merupakan salah satu anggota terkecil dari keluarga hiu, panjang maksimumnya hanya 28 cm (11 inci). Spesies ini pernah ditemukan oleh anggota Komisi US Fish Steamer Albatross Ekspedisi Filipina antara 1907-1910. Meskipun pertama kali ditemukan di perairan Filipina, hiu ini tersebar di seluruh samudera yang ada dunia.

6. Whale Shark

Whale Shark (Rhincodon typus) merupakan spesies ikan terbesar yang masih hidup. Whale Shark terbesar yang telah dikonfirmasi adalah sepanjang 12,65 meter (41,50 kaki). Beratnya lebih dari 36 ton. Banyak laporan (yang belum dapat dikonfirmasi) yang jauh lebih besar. Ditemukan di samudera tropis dan hangat, hidup di laut lepas dengan umur sekitar 70 tahun. Spesies ini berasal sekitar 60 juta tahun yang lalu. Meskipun hiu paus memiliki mulut yang sangat besar, makanan utama meraka adalah plankton, tanaman dan hewan mikroskopis. Namun, program BBC Planet Earth pernah merekam seekor Whale Shark memakan sekelompok ikan kecil

7. Saw Shark

Bentuknya hampir sama dengan ikan gergaji, sebagian besar tersebar dari perairan Afrika Selatan ke Australia dan Jepang, tinggalnya di kedalaman 40 meter dan tahun 1960 hiu ini ditemukan di perairan yang lebih dalam (640 m sampai 915 m) dari barat laut Karibia.

8. Greenland Shark

Merupakan salah satu Hiu terbesar dari perairan Samudera Atlantik Utara sekitar Greenland dan Islandia. Hiu ini hidup jauh di utara daripada spesies ikan hiu lainnya. Hiu jenis ini dapat tumbuh hingga 6,4 m (21 kaki) dan mencapai berat 1000 kg.

9. Megamouth Shark

Megamouth Shark (Megachasma pelagios) merupakan jenis hiu yang sangat langka. Sejak pertama ditemukan pada tahun 1976 hingga tahun 2010, hanya 50 ekor saja tertangkap atau terlihat. Megamouth Shark dapat tumbuh hingga 18 kaki dan berat mencapai 2,5 ton.

10. Whorl-tooth Shark [Helicoprion]

Hiu berumur panjang ini pertama kali muncul di lautan Karbon dan banyak yang berpikir bahwa Hiu ini hanyalah mutasi, tetapi menurut catatan fosil menunjukkan bahwa ia hidup antara 280 dan 225 juta tahun yang lalu. Dan yang aneh adalah penemuan batu berbentuk "lingkaran gigi" di daerah Idaho, Wyoming dan Utah.

Sumber : http://www.apakabardunia.com/post/tahukah-kamu/10-jenis-hiu-unik-di-dunia