Hiu Tak Bisa Bedakan Warna

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Western Australia, diketahui bahwa ikan hiu tidak dapat membedakan warna. Buta warna pada hiu ini bisa membawa manfaat bagi perenang, peselancar, dan bahkan hiu itu sendiri.

Menggunakan teknik yang disebut Micro-spektrofotometri, sekelompok peneliti yang dipimpin oleh Nathan Hart Scott melihat ke dalam sel retina dari 17 spesies ikan hiu di perairan Queensland dan Australia Barat.

Hiu Tak Bisa Bedakan Warna

Dalam semua 17 spesies, para peneliti menemukan, sel penerima cahaya (sel fotoreseptor) yang paling umum digunakan adalah 'rod cell' yang sangat sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan hiu untuk melihat dalam gelap. Namun, dengan sel tersebut, hiu tidak dapat membedakan warna.

Selain itu, hiu tidak memiliki cukup 'cone cell' yang dapat merespon langsung cahaya pada panjang gelombang tertentu. Sebagai perbandingan, mata manusia memiliki berbagai jenis 'cone cell' untuk membedakan warna yang tertangkap mata.

Dalam 10 dari 17 jenis hiu yang diteliti, tidak ada 'cone cell' yang ditemukan. Hanya ada 7 jenis hiu yang memiliki 'cone cell', akan tetapi hanya satu jenis 'cone cell', yang hanya peka terhadap panjang gelombang sekitar 530 nanometer, merupakan panjang gelombang untuk warna hijau.

"Dengan ini berarti sistem retina hiu mampu membedakan misalnya antara abu-abu dan abu-abu,gelap," kata Scott Hart seperti dikutip dari Science Daily, 19 Januari 2011. "Namun, kemungkinan besar, hiu tidak bisa membedakan warna abu-abu dengan warna lain,"katanya.

Sumber: Shark Can not Distinguish Colors